Muso Tokoh Komunis Indonesia




Muso amat dikenai sebagai otak di balik Peristiwa Madiun 1948. Ada yang menyebut Muso sebagai tokoh pemberontakan PKI terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda pada tahun 1926.


Yang jelas, Muso identic dengan sosok komunis pemberontak yang anti pemerintah. Tokoh antagonis dalam sejarah Indonesia ini memiliki latar belakang yang kurang begitu jelas. Tak jelas kapan dan di mana ia dilahirkan. Jejaknya mulai terekam ketika ia berguru kepada Oemar Said Tjokroaminoto. Dunia politik dan gerakan kemerdekaan ia kenaI dari Tjokroaminoto.

Namun jalan yang ia pilih ternyata berbeda. Muso menaruh harapan besar terhadap perubahan melalui revolusi. Itulah sebabnya ia jatuh cinta pada komunisme. Sejak 1920an Muso aktif berhubungan dengan gerakan komunis dunia. Bahkan, setelah pemberontakan 1926, ia rnelarikan diri ke luar negeri dan berkelana ke berbagai dunia, terutama negara-negara Eropa Timur dan Uni Soviet. Di masa itulah, ia mewakili PKI (Partai Komunis Indonesia) dalam forum internasional. Berbagai pertemuan partai komunis dunia sempat dihadirinya bersama sahabatnya, Alimin.

Setelah proklamasi, Muso kembali ke Indonesia dan membangun kembali PKI dengan semangat dan rnilitansi yang luar biasa. Dan sebagaimana kalangan pergerakan lainnya, ia juga sempat terlibat dalam perang mernpertahankan kernerdekaan. Narnun, intrik politik yang berujung pada pernberontakan 1948 di Madiun membuat ia menernui ajal. Pelopor komunisme di Indonesia itu tewas di ujung senjata tentara di kala berusaha melarikan diri.
0 Komentar untuk "Muso Tokoh Komunis Indonesia"

Back To Top